Clio goes to…

“Once in a while I feel the urge to travel somewhere. The problem when I travel is: I am too lazy to write.” 

Saya rasa itu adalah penyakit kronis yang nggak bisa sembuh dan percuma dicari obatnya. Polanya selalu sama. Di awal perjalanan saya selalu punya tekad kuat bahwa perjalanan itu adalah untuk mencari inspirasi. Di tengah-tengah perjalanan, tekad itu saya plesetkan sedikit dengan sedikit pembenaran, bahwa menulis kisah perjalanan saja oke kok, nggak perlu cari inspirasi novel. Dan di akhir perjalanan, yang saya miliki hanyalah kisah manis dalam kepala dan hati, yang tidak tertuang dalam kertas :p

Satu waktu, saya sampai bela-belain bawa ransel isi laptop sambil menyusuri jalan legian dan pantai kuta yang panasnya menyengat minta ampuuuun, demi memaksa diri saya untuk menulis. Hasilnya adalah: pengeluaran tambahan untuk beli minuman dingin ekstra, tanpa tambahan satu paragraf pun.

Satu lagi pengalaman ‘maksa’ saya adalah ketika saya pergi ke yogyakarta. Hari pertama di hotel, laptop dibuka dari pagi hingga malam dengan hasil beratus-ratus halaman…. web yang saya browse, ha..ha… entah kenapa halaman-halaman itu seperti tidak habis-habisnya, seakan memanggil-manggil saya dengan janji manis untuk menemukan satu hal yang menarik. Dan entah kenapa, semua terasa lebih menarik bila dibandingkan dengan dokumen yang berisi draft saya :p Yah, akhirnya saya sih menyerah dan memutuskan untuk pergi ikut tur sepeda motor dan dengan setengah nekad menyusuri sebuah gua. Tentu saja, konsisten dengan pola perjalanan saya, pengalaman itu berbekas di hati tapi tidak di atas kertas 🙂

Akhirnya, saya hanya bisa berharap suatu hari saya punya cukup kebulatan tekad untuk tidak hanya bepergian, tapi juga untuk menuliskannya.

Dan, mengingat hobi utama saya adalah tidur-tiduran sambil berkhayal, ada kemungkinan saya akan menulis sebuah travel journal fiktif. Tapi tenang saja, karena saya tidak suka menyesatkan siapapun, akan diumumkan kalau itu hanya sebuah ‘virtual’ journey, bukan perjalanan sebenarnya.

Bon voyage!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s